masyhar10
23 August 2010




Pekerja Asing di Indonesia Wajib Uji Kemahiran Bahasa Indonesia

Setiap warga Indonesia yang mau ke luar negeri, terutama yang ke negara yang berbahasa Inggris, wajib tes TOEFL atau IELT. Hasil tes TOEFL, misalnya, wajib disertakan, baik untuk kepentingan bekerja maupun belajar.

Sebaliknya, para pekerja asing di Indonesia begitu gampangnya masuk ke negara ini dari segi penguasaan bahasa nasional Indonesia, bahasa nasional resmi di Nusantara ini. Bagi para ekspatriat itu tidak ada kewajiban untuk menyertakan sertifikat standar kemahiran berbahasa Indonesia. Justru partner lokalnya yang harus menyesuaikan dengan bahasa mereka ketika berkomunikasi.

Oleh karenanya, sudah saatnya Tes Kemahiran Bahasa Indonesia yang sudah ada perangkatnya dari Pusat Bahasa harus diberlakukan kepada para ekspatriat yang mau masuk ke Indonesia untuk kepentingan bekerja dan yang akan tinggal dalam jangka waktu lama di sini. Untuk wisatawan mancanegara yang keberadaannya hanya dalam waktu singkat barangkali tidak ada kewajiban untuk itu.

Tujuan memberlakukan tes kemahiran bahasa Indonesia itu selain sebagai persyaratan untuk mereka yang akan bekerja di seluruh wilayah Indonesia, juga untuk semakin memperkenalkan bahasa Indonesia kepada warga asing. Dengan begitu, lambat laun bahasa Indonesia akan semakin dikenal di dunia internasional sebagai bahasa yang mampu dipakai sebagai alat komunikasi untuk berbagai macam keperluan baik formal maupun nonformal.

Pekerja_Asing_di_Indonesia_Wajib_Uji_Kemahiran_Bahasa_Indonesia.jpg

Subscribe to ideas from masyhar10

Comments
Be 1st to comment on this idea!
Loading Comment Box..